Kiat membangun tim yang solid dalam usaha Anda




Keberhasilan dari sebuah usaha bukan merupakan keberhasilan yang bersifat individu. Anda bukanlah superman. Dan tidak ada superman di dunia ini yang sukses tanpa bantuan dari orang lain. Itulah hal pertama yang mesti Anda pahami dari sebuah kesuksesan.

Kisah keberhasilan seseorang pastinya tidak lepas dari bantuan orang lain yang akhirnya membuatnya sukses. Seperti misalnya bapak Anu sudah menjadi pejabat tinggi, hal tersebut tidak terlepas dari bantuan orang tua, keluarga, anak-anaknya, teman, dan lain sebagainya. Jangan mengira bahwa keberhasilnya merupakan murni keberhasilan yang dirain oleh dirinya sendiri. Begitu juga dengan keberhasilan Anda. Ingat jika Anda berhasil jangan menjadi orang yang sombong. Berterima kasihlah kepada orang-orang yang menjadi pendukung keberhasilan Anda. Misalnya orang tua yang telah mendoakan Anda sejak kecil, istri Anda, atau pun anak-anak Anda serta juga tim kerja yang juga berdoa untuk Anda.

Bagi Anda yang merupakan seorang usahawan, tanpa bantuan dari tenaga kerja Anda pastinya Anda tidak bisa apa-apa. Betul kan? Maka dari itu kita harus menghargai segala jerih payah yang telah dilakukannya untuk terus menjaga perguliran usaha Anda. Keberhasilan bisnis tidak lain dan tidak bukan adalah keberhasilan dari pengelolaan SDMnya. Mengingat isi dari sebuah usaha adalah manusia. Jika Anda ingin berhasil maka Anda harus membangun manusianya.

 

Mengikatkan hubungan batin antara atasan dan bawahan

Salah satu keberhasilan bisnis adalah dengan komunikasi yang efektif. Banyak perselisihan dalam bisnis hanya merupakan hal sepele. Miskomunikasi. Untuk menghindari hal tersebut kita harus bisa membuat sebuah suasana kerja yang nyaman dan penuh dengan keterbukaan antara yang satu dengan yang lain. Salah satunya adalah bagaimana hubungan antara atasan dan bawahan itu enak.




Untuk bisa membangun hubungan yang baik antara atasan dengan bawahan salah satunya adalah dengan berkomunikasi dengan baik. Sebagai atasan apalagi pemilik bisnis Anda memang harus disegani, tetapi bagaimana Anda bisa disegani dengan tetap menjaga komunikasi yang baik dengan bawahan Anda. Salah satunya adalah dengan memberikan nilai-nilai yang baik. Timbulkan budaya perusahaan yang baik dan komunikatif. Junjung erat kebersamaan bahwasanya usaha ini tidak hanya milik Anda, tetapi juga milik rekan-rekan yang ada di dalamnya semuanya. Tanpa A,B, C dan sebagainya pastinya ada satu hal yang pincang di usaha ini. Karena diantara semuanya saling menunjang satu sama lain.

Bawa bawahan Anda ke dalam perasaan Anda. Perasaan yang mewakili kondisi perusahaan. Pada saat perusahaan sedang berkembang, banyak ajak bawahan Anda untuk mengetahui apa yang perusahaan rasakan. Dengan mengajak serta bawahan dalam masalah perusahaan khususnya usaha kecil, pastinya mereka bisa mengerti dan memahami. Karena tempat usaha tersebut merupakan tempat mereka mencari nafkah dimana saat ini tidak mudah untuk mencari pekerjaan lain di luar sana.

Sebagai seorang leader, Anda juga harus bisa membawa dan mengajak serta orang-orang untuk memiliki kesamaan visi dan misi dengan Anda. Tunjuk satu orang leader yang menjadi pemutus keputusan. Jangan sampai ada banyak bos yang akhirnya akan membuat bingung semuanya. Ibarat kereta api, tidak mungkin memiliki lokomotif 2. Pastinya lokomotifnya hanya satu saja. Atau ibarat matahari, tidak mungkin ada 2 matahari dalam satu bumi. Hanya ada 1 matahari dalam satu bumi. Begitu juga dengan pemimpin. Setiap bidangnya harus memiliki orang yang ditunjuk sebagai pemimpin sebanyak 1 orang saja.

 
Kereta Mini Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *