Peluang usaha di era New Normal

peluang usaha di era new normal




Pandemi covid-19 ini sudah banyak merenggut korban. Tidak hanya korban nyawa, tetapi juga korban ekonomi. Pada kali ini kita hanya akan membahas mengenai korban ekonomi dan bagaimana solusinya menghadapi krisis ekonomi di era pandemi ini.

peluang usaha di era new normal
peluang usaha di era new normal

Akibat tidak dapat berjalannya aktivitas kegiatan manusia dengan lancar, salah satunya adalah kegiatan berusaha yaitu berproduksi, berdagang, bertemu orang untuk melakukan deal, dan masih banyak lagi. Hal tersebut membuat pukulan tersendiri khususnya bagi dunia usaha. Dengan lesunya pergerakan aktivitas manusia, sudah secara otomatis lesu juga bisnis yang ada. Penurunan produksi yang sangat signifikan mengakibatkan banyak tenaga kerja yang dirumahkan untuk sementara ataupun untuk jangka panjang.

Orang-orang yang terimbas covid-19 hingga mendapatkan status penggangguran tersebut pun banyak yang kembali ke kampung halaman. Kalau kita lihat secara pandangan positif dengan adanya penyebaran orang yang merata kembali ke kampung halaman, tentunya akan ada banyak lagi peluang yang timbul di berbagai macam daerah, tidak hanya daerah perkotaan atau industri saja. Salah satunya adalah peluang usaha baru yang nantinya akan timbul seperti daerah pariwisata baru yang baru saja dibuka, tempat perdagangan baru, pasar-pasar baru dan masih banyak lagi hal lainnya.

Sektor pariwisata yang tadinya paling jatuh, diperkirakan akan paling rebound atau naik setelah pandemi ini bisa diatasi. Dengan banyaknya suplai yang ada di pasar, tentunya hal tersebut akan mendorong permintaan sebagaimana hukum says “supply create its own demand”. Dengan kerangkan berpikir positif tersebut, kita akan senantiasa memiliki harapan baru, di era yang baru.

Rebound-nya industri pariwisata

Setelah mengalami pukulan paling dalam dari krisisi pandemi corona ini, penulis meyakini akan timbul kebangkitan baru khususnya di sektor pariwisata. Dengan pulih dan meningkatnya kekuatan ekonomi masyarakat, untuk menghilangkan rasa bosan, pasti mereka ingin melakukan kegiatan yang menyenangkan diri sendiri. Kebutuhan pariwisata merupakan salah satu kebutuhan rohani yang penting bagi manusia. Bagaimana tidak, tekanan hidup atau pekerjaan yang sangat tinggi membuat pentingnya wisata untuk sekedar relaksasi dari aktivitas rutin sehari-hari.

peluang usaha di era new normal
peluang usaha di era new normal

Peluang ini tentunya akan menjadi peluang yang sangat bagi, khususnya bagi Anda yang sedang mencari peluang bisnis di masa new normal ini. Diantara sektor pariwisata salah satunya adalah industri hiburan anak dan keluarga. Permainan anak-anak menjadi dorongan utama yang sangat kuat bagi keluarga untuk pergi ke suatu tempat pariwisata. Tanpa adanya wahana mainan anak tersebut pastinya dorongan untuk keluarga secara beramai-ramai pergi ke lokasi wisata tersebut tidak akan terlalu besar dibandingkan dengan tempat yang ada wahana wisatanya.

Mainan per pegas taman bentuk Tayo

mainan per pegas taman bentuk tayo

Kebutuhan akan taman dan ruang terbuka ramah anak saat ini menjadi bagian yang penting khususnya di wilayah perkotaan yang sudah padat. Diantara ornamen yang dibutuhkan antara lain seperti perosotan, ayunan, dan permainan anak lainnya seperti halnya yang ada di taman kanak-kanak. Kebutuhan akan taman yang ramah anak tersebut menjadi bagian yang penting dari suatu perumahan atau lingkungan.

Bagi Anda yang merupakan pengembang perumahan pastinya harus membuat konsep ruang terbuka ramah anak. Hal ini juga salah satunya untuk mengangkat citra perumahan yang Anda bangun. Banyak sekali orang dari segala penjuru rela datang khususnya pada saat weekend atau akhir pekan untuk berolah raga atau berjalan-jalan dengan keluarganya ke tempat perumahan yang memiliki taman dengan fasilitas penunjang yang ramah anak.

Salah satu mainan yang bisa direferensikan untuk taman Anda selain perosotan dan ayunan adalah mainan per pegas. Kalau dahulu bentuknya seperti kuda-kudaan saat ini bentuknya sudah lebih variatif. Seperti contoh berikut ini mainan per pegas yang berbentuk tayo:




mainan per pegas taman bentuk tayo
Mainan Per Pegas bentuk Tayo

Untuk meningkatkan citra perumahan Anda, mainan ini sangat cocok untuk menambah variasi taman pada perumahan Anda. Apalagi pada saat ini bagi Anda yang benar-benar menyasar segmen millenial dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil.

Bagi Anda yang ingin menaruh mainan per pegas seperti ini, bisa menghubungi kontak 08118408787 lebih lanjut. Untuk berbagai bentuk yang ingin di request bisa dipesan langsung sesuai dengan kebutuhan Anda..

mainan per pegas taman

Peluang usaha jualan online styrofoam mewarnai di kala pandemi COVID-19

Pada saat tulisan ini dibuat, kita sedang dalam masa pandemi corona. Dari hari ke hari sepertinya ekonomi semakin terjepit dikarenakan aktivitas kegiatan masyarakat yang terbatas. Yang bisa dilakukan lebih banyak hanya melalui online. Termasuk berdagang.

Banyak orang yang mungkin bingung mencari peluang usaha apa yang bisa diperbuat pada kondisi krisis kesehatan dan ekonomi seperti saat ini. Aktivitas kebutuhan akan goods and services  atau barang dan jasa sebetulnya masih sangat tinggi. Hanya saja dengan adanya pembatasan aktivitas hal tersebut membuat batasan juga terhadap permintaan barang.

Saat banyak sekolah diliburkan, aktivitas belajar mengajar lebih banyak dilakukan di dalam keluarga. Khususnya jika kita bicara mengenai anak dengan usia balita yang masih di tingkat taman kanak-kanak. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri khususnya untuk para orang tua. Pada pembelajaran anak-anak di usia balita tersebut salah satunya adalah mewarnai lukisan. Mewarnai adalah salah satu aktivitas yang mendorong kreatifitas anak dan salah satunya adalah mendorong kemampuan visualisasi imaginasi.

Kalau kita mewarnai buku gambar itu sudah biasa. Untuk mencari daya tarik anak-anak medianya bisa diubah dalam media lain seperti styrofoam lukis ini. Berikut ini adalah penampakannya:

styrofoam mewarnai gabus lukis bekasi
styrofoam mewarnai gabus lukis bekasi

Pemberdayaan Emak-emak dalam produksi styrofoam mewarnai

Demi meningkatkan daya beli dan ketahanan ekonomi, kali ini kami ingin mengupayakan usaha mandiri dengan memberdayakan kaum ibu-ibu khususnya dalam produksi gabus lukis ini. Gerakan community development ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat terutama bagi warga yang terdampak corona.

Tentunya tidak cukup dari sektor produksinya saja, melainkan juga harus ada dorongan dari segi pasar. Saat ini kami juga membuka seluas-luasnya jaringan agen dan reseller bagi teman-teman yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya untuk membuat mesin produksi yang notebene adalah ibu-ibu ini agar berkesinambungan.

Bagi Anda yang tertarik dengan peluang bisnis sebagai agen dan reseller styrofoam mewarnai ini bisa menghubungi kami Kereta Mini Indonesia yang bekerjasama dengan Kampung Kreatif Indonesia. Informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak berikut:

Kampung Kreatif Indonesia
Kp. Pisangan RT10/RW06 (Gang Jayamin)
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – 17510
Jawa Barat
Indonesia
Contact:
HP. 081317667187 (call/sms/wa)
Tlpn. 021-29259584

Perahu Handboat: Usaha penyewaan perahu-perahuan untuk wisata di pinggir pantai Indonesia

perahu handboat

Halo kawan-kawan, kali ini kami ingin sharing mengenai salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba khususnya bagi Anda yang berada di wilayah pesisir pantai. Usahanya adalah penyewaan mainan perahu untuk anak-anak yang cara mendayungnya dengan cara di engkol dengan menggunakan tangan (oleh sebab itu disebut handboat). Kalau dilihat sepintas permainan yang satu ini cukup lucu dan unik.

perahu handboat
perahu handboat

Perahu handboat ini terbuat dari bahan fiberglass. Merupakan salah satu produksi mainan lokal, 100% buatan Indonesia. Ada juga yang menggunakan bahan PVC dan barang impor. Namun dengan perbandingan harga dan kualitas antara kekuatan fiberglass dan PVC dapat Anda bandingkan. Produk buatan lokal tidak kalah kualitas dengan produk buatan impor.

Analisis Usaha Penyewaan Perahu Handboat
Buat yang masih belum memahami mengenai potensi bisnis dari penyewaan usaha handboat berikut ini adalah analisis perhitungan kembali modal atas investasi usaha penyewaan perahu handboat:

Nilai investasi: Rp3.500.000,- s.d Rp4.500.000,-
Tarif sewa: Rp10.000,- / jam (disesuaikan tergatung lokasi)
Payback period atau waktu kembali modal: Pada saat penyewaan ke-350
Jika kita asumsikan per hari rata-rata mendapatkan 20 rit sewa maka dalam sebulan kita mendapatkan 600 rit sewa.
Dengan kita memiliki 5 unit perahu handboat misalnya kita sudah dapat pengembalian sebanyak hampir 2 unit dalam waktu 1 bulan. Hal ini kembali tergantung waktu dan wilayah lokasi wisatanya.

Nah, kalau dari penjelasan analisis sederhana tersebut, kira-kira bagaimana ya pendapat teman-teman? Kami mencoba untuk memberikan informasi dengan keadaan yang rata-rata dan tidak muluk-muluk apa adanya. Jika teman-teman memiliki pengalaman, mungkin bisa share di kolam komentar di bawah ini. 🙂

Anak main perahu handboat di sungai kecil

Mainan Tayo Per Pegas sebagai tambahan pilihan mainan di taman bermain

Jika anda sedang mencari inspirasi mengenai permainan yang mungkin masih relative jarang dapat kita temukan di taman bermain anak salah satunya adalah mainan per. Biasanya mainan per ini lebih identik dengan mainan kuda per pegas. Tapi sebetulnya untuk bentuk tidak hanya kuda saja lho. ada banyak bentuk lain yang unik yang tidak akan mengalahkan daya tarik dari pandangan anak-anak. Nah, seperti yang satu ini contohnya dengan bentuk baru kartun tayo yang saat ini dengan ngetren.

Buat teman-teman yang penasaran dengan fotonya berikut ini kami share fotonya ya:

mainan per tayo pegas
mainan per tayo pegas

Nah, bagaimana kira-kira pendapat teman-teman, unik kan. Tentunya
ini bisa membuat anak-anak senang. Bagi para Bapak/Ibu khususnya pengurus warga
yang biasanya memiliki keputusan tanggung jawab dalam pembuatan taman bermain
masyarakat bisa merekomendasikan permainan ini. Permianan ini dijamin sangat
aman untuk anak-anak dari risiko terjatuh dan lain sebagainya.

Spesifikasi dari Tayo per pegas ini sebagai berikut:

  1. Bahan terbuat dari fiberglass
  2. Menggunakan per keong mobil
  3. Berat beban maksimal sewajarnya permainan adalah
    20kg (untuk anak-anak s.d 10 tahun)
  4. Instalasi cukup dengan menggunakan dynabolt

Buat Anda yang mencari permainan seperti ini bisa mengunjungi toko online kami yang ada di tokopedia dengan link berikut ini: Mainan Tayo Per Pegas

Untuk pemesanan korporasi dengan jumlah banyak dapat menghubungi kami lebih lanjut pada kontak berikut 08118408787 (call/sms/wa). Salam sukses dari Kereta Mini Indonesia!

mainan kuda per pegas taman bermain anak-anak

Update pembuatan odong-odong untuk pengiriman ke Aceh

Halo guys, kali ini kami ingin update mengenai progress pembuatan odong-odong untuk pengiriman ke Aceh. Kali ini pemesannnya memesan 2 unit odong-odong, yang satunya adalah kereta motor dengan bentuk kepala gajah dan yang satunya lagi ada odong-odong kereta panggung. Jadi memang Aceh ini cukup jauh dari lokasi produksi kita, dan pengirimannya juga cukup mahal. Maka dari itu pertimbangannya pemesan memesan 2 unit sekaligus.

Untuk corak kereta motor gajahnya juga menggunakan motif
kerawangan Aceh. Untuk pembuatan motif kali etnis ini, pertama-tama kami memang
agak bingung mau seperti apa mendesainnya. Sepertinya lebih mudah mendesain
gambar kartun yang biasa dibuat ketimbang motif etnis. Bentuknya yang juga
memiliki kerumitan tersendiri lebih bagus dengan sistem cetak ketimbang free
hand airbrush.

Kebanjiran pada awal tahun 2020

Ini pengalaman yang cukup telak bagi kami kena banjir pada
awal tahun 2020. Persis di tanggal 1. Alhamdulillah banjirnya hanya sampai
seukuran ban vespa saja. Jadi odong-odong yang ada turut kerendam banjir. Tapi
kami juga bersyukur karena banjirnya surut hanya sehari saja. Tidak lama-lama. Oleh
sebab itu sempat terjadi kendala, sehingga kami perlu melakukan pembersihan
serta perapihan kembali.

Sang pemesan datang kurang lebih pada tanggal 5 untuk
mengecek keretanya sebelum dikirim. Setelah dikonfirmasi mengenai kekurangan
apa ini itunya, kita lengkapi sampai dengan tanggal 11. Setelah di cek kembali
dan sudah oke, maka kereta ini langsung dikirim.

Tol lintas sumatera

Dibukanya tol lintas sumatera telah membuat akses untuk
perjalanan lintas sumatera menjadi semakin mudah dan cepat. Selain itu juga
sudah tidak adanya pungli lagi seperti pada jalan-jalan biasa. Kami berharap
agar pengiriman tidak ada kendala yang berarti. 😊

Peluang bisnis keagenan untuk wilayah Aceh dan sekitarnya

Buat teman-teman yang berlokasi di wilayah Aceh dan
sekitarnya, kami membuka peluang usaha sebagai agen atau distributor untuk
produksi mainan besar kami. Jika memang Anda berminat bisa menghubungi kami
pada kontak berikut 08118408787 atau email di sales@altara.co.id.

Promo akhir tahun 2019!

Halo rekan-rekan sekalian, berita bagus buat teman-teman yang ingin mencoba peruntungan usaha di akhir tahun 2019 ini! Pas banget lagi pada liburan akhir tahun, anda bisa menggenjot penjualan sewa odong-odong atau kereta mini pada waktu liburan akhir tahun nanti. Promo ini terbatas lho guys sampai dengan tanggal 31 Desember 2019!

promo odong odong akhir tahun
promo odong odong akhir tahun

Langsung saja ya teman-teman buat yang mau tanya tentang promonya silakan saja hubungi kami pada kontak berikut:

Kereta Mini Indonesia
Kp. Pisangan RT08/04 No.13
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – 17510
Tlpn. 021-29259585
HP. 08118408787

Inspirasi usaha mainan pancingan anak-anak dari bak fiberglass

mainan pancingan anak

Halo rekan-rekan sekalian, terima kasih telah landing di
blog kami yang sederhana ini. Kali ini kami ingin berbagi mengenai beberapa
inspirasi usaha di bidang wahana mainan anak yang mungkin bisa buat referensi
usaha Anda. Pada ulasana kali ini, kami ingin membahas mengenai usaha mainan
pancingan anak yang biasanya berada di supermarket atau di pasar malam.

mainan pancingan anak
mainan pancingan anak

Permainan pancingan anak ini merupakan mainan alternatif
dari sekian banyak jenis maian yang ada di tempat permainan anak. Mainan ini
bisa jadi mainan pelengkap bagi Anda yang sudah punya wahana mainan lainnya
sebelumnya dan ingin menambah jenis wahana mainan lagi untuk meningkatkan
penghasilan.  

Omzet harian rata-rata mainan pancingan anak fiberglass

Kami mencoba mencari tau dari konsumen yang membeli mainan
ini. Barangkali mereka sudah melakukan survei di lapangan dari para pelaku
permainan ini sebelumnya. Dan hasilnya sungguh mencengangkan. Dari permainan
ini (yang dengan modal tidak terlalu besar) bisa mendapatkan modal dengan
perhitungan ROI atau return to investment yang terbilang cukup besar. Bayangkan
saja dengan investasinya yang hanya hitungan di bawah 5 juta rupiah ternyata
bisa mendapatkan omzet rata-rata harian berkisar antara 200rb sampai dengan
300rb.

mainan pancingan anak
mainan pancingan anak

Dan yang mencengangkan lagi adalah pada saat moment-moment
tertentu yang bisa meraup penghasilan sampai dengan lebih dari 500rb rupiah
bahkan sampai jutaan. Misalnya pada momen lebaran ataupun saat liburan anak. Dan
khususnya untuk mereka yang berada di kawasan wisata. Jadi buat Anda yang tinggal
di daerah apalagi daerah wisata hal ini bisa menjadi peluang yang baik bagi
Anda. Jangan sampai moment tersebut hilang begitu saja.

Pemesanan bak fiber mainan pancingan anak

Buat teman-teman yang sedang mencari dimana mainan pancingan
anak dari bahan bak fiber tersebut berada tidak usah pusing. Anda bisa menghubungi
tim kami untuk informasi lebih lanjut. Bagi yang jauh di luar pulau sana bisa
juga dengan menggunakan ekspedisi untuk pengiriman barangnya tersebut. Berikut ini
adalah kontak tim marketing kami: 08118408787. Informasi lebih lanjut mengenai
permainan anak-anak lainnya bisa mengexplore web kami disini.

Pentingnya manajemen dalam pengembangan usaha

mengelola perusahaan

Tulisan ini merupakan salah satu pengalaman yang kami alami secara langsung sebagai pelaku usaha di lapangan. Keberhasilan bisnis tidak lain dan tidak bukan adalah dari keberhasilan manajemen. Manajemen ini sangat mudah sebagai teori tapi sangat sulit dalam prakteknya.

Jika kita bagi kembali mengenai permasalahan yang berasal dari internal dan eksternal misalnya, ternyata sebagian besar permasalahan yang ada di kita adalah permasalahan yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri alias dari internal. Bayangkan saja, bukan kompetitor besar yang menjadi pesaing utama dari usaha kita.

Melainkan diri kita sendiri bagaimana bisa mengembangkan service atau layanan yang baik dari waktu ke waktu kepada para pelanggan.
Berdasarkan pengalaman yang ada kita tidak perlu pusing untuk melirik atau melakukan kajian benchmarking mengenai apa yang sedang dilakukan dan yang akan dilakukan oleh pesaing kita.

Mainan Pancingan Fiberglass

Hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana kita bebenah dengan baik ke dalam, khususnya pada UKM/IKM yang memang masih berada pada tahap awal usaha.  Kuncinya adalah diri kita sendiri. Bagaimana bisa melawan diri kita sendiri akan konsistensi, kegigihan, keuletan, sampai dengan kemampuan untuk memecahkan masalah demi masalah yang ada di usaha yang sedang dirintis.

Dalam banyak kasus, masalah terbesar ternyata berasal dari SDM internal. Hal ini mengapa IKM atau UKM tidak bisa naik kelas dari waktu ke waktu dan mengalami stagnasi yang berkepanjangan. Ternyata sistem tradisional yang diterapkan pada usaha kecil tersebut dapat membuat proses pengembangan usaha menjadi ewuh pekewuh diantara pemilik dengan tenaga kerja. Dengan dekatnya interaksi langsung dari sang pemilik usaha dengan tenaga kerja tersebut tentunya hal ini bisa menjadi suatu kekurangan tersendiri dari sang pemilik usaha tersebut. Saking dekatnya dengan tenaga kerja akan membuat tenaga kerja menjadi besar kepala dan sebagian besar berakhir “ngelunjak”.

Oleh karena itu pentingnya menjaga jarak dari para pemilik usaha dengan tenaga kerja yang di rekrut. Salah satunya adalah untuk menjaga wibawa sang bos agar ucapannya dapat didengar dengan mudah oleh para pengikutnya. Permasalahan selanjutnya adalah permasalahan personal yang digabung dengan permasalahan yang ada pada usaha itu sendiri. Ingat yang harus dipisah tidak hanya masalah keuangan tapi juga masalah personal antara bisnis dengan pribadi.

Karyawan yang iri jika pekerjaan diberikan kepada pihak lain
Jika kita bicara mengenai industri yang menggunakan hitungan tenaga kerja borongan hal ini sangat mungkin terjadi. Ada anggota produksi kita yang mengetahui bahwa perusahaan melempar proyek ke orang lain karena dianggap untuk mempercepat proses produksi perusahaan. Di sisi tenaga kerja tersebut bilang bahwa ia masih mampu untuk bekerja sesuai dengan targetnya. Padahal nyatanya tidak.

Tidak berhenti di situ saja ternyata sang pekerja tersebut juga ‘memberikan arahan’ agar supaya manajemen perusahaan yang masih skala kecil ini tidak memberikan pekerjaannya kepada siapapun kecuali dia. Padahal dapat dibayangkan dalam kemajuan usaha yang begitu cepat hal ini tentunya akan sangat merugkan bagi perusahaan secara umum.

Fokus pada pekerjaan masing-masing
Untuk dapat membuat manajemen teratur adalah dengan menetapkan sistem. Salah satunya ada masalah pengorganisasian. Siapa yang mengerjakan apa. Dengan adanya pengorganisasian yang baik tidak akan ada lagi orang lain mengerjakan pekerjaan orang lain. Orang yang sudah di plot dalam suatu pekerjaan harus memenuhi seluruh kewajiban kerjanya sampai dengan selesai.

Pada pola UKM yang masih sangat kecil dan dengan manajemen tradisional berdasarkan asas kekeluargaan, terkadang hal ini tidak mudah dilakukan. Pada suatu kondisi sang bos juga merasa tidak enak kepada anak buah. Kemudian anak buah menjadi dimanja dan besar kepala. Untuk menghindari hal tersebut sebagai seorang pimpinan hendaknya memberikan arahan dan bimbingan yang mendidik sejak awal jangan sampai anggota kita “ngelunjak” yang nantinya malah jadi sulit di atur.

Bagi yang sudah kejadian dan sudah saling mengenal antara anak buah dan bos, terkadang menjadi sulit diterapkan. Motivasi mengenai sesuatu yang memang seharusnya dijalankan dalam sistem seakan hanya menjadi angin lalu bagi anak buah. Masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri. Oleh sebab itu, dibutuhkan ketegasan agar sistem tersebut bisa berjalan sesuai dengan yang sudah di rancang perusahaan.

Bagaimana jika usaha odong-odong yang dibalut dengan teknologi?

startup ilustration

Kali ini kita mau coba berandai-andai, mencari inspirasi bagaimana sekiranya jika usaha odong-odong dibalut dengan teknologi. Mengingat potensi GDP yang tidak kecil dari sektor odong-odong yang kurang lebih seperti industri ojek nasional yang belum tercatat sebelumnya.Namun bagaimanakan membuat bentuk perapihan industri wahana hiburan odong-odong ini dalam satu wadah legal yang secara langsung dapat membantu republik ini menghitung potensi pendapatan nasionalnya.

trackless train di Indonesia
odong odong kereta mall fiberglass 2019

Dalam benak pemikiran liar yang ada dalam pikiran saya
pribadi, industri wahana mainan anak dan keluarga menjadi industri yang sangat
seksi ke depannya. Seiring dengan berkembangnya berbagai wilayah di Indonesia
ini. Pembangunan areal pemukiman yang diiringi dengan tempat hiburan anak dan
keluarga.

Tak ubahnya seperti gojek

Bagaimana jika seorang anak muda menemukan terobosan baru mengenai startup “odong-odong”. Saya yakin startup tersebut tidak berbeda jauh dengan potensi startup yang saat ini sudah menjadi decacorn yaitu gojek! Baik ojek dan odong-odong memiliki ciri-ciri yang banyak beririsan diantaranya adalah dilakukan oleh rakyat hampir di setiap daerah di Indonesia. Masyarakat yang memiliki motor sendiri untuk disewakan sebagai ojek, sama seperti masyarakat yang memiliki odong-odong dan disewakan untuk hiburan anak-anak atau keluarga. Sistem ojek lama yang menggunakan cara konvensional dengan order melalui ojeknya langsung begitu  juga dengan odong-odong.

sumber gambar: motorplus online

Memang odong-odong tidak bisa dipanggil seperti ojek. Ide
untuk merevolusi industri odong-odong dengan teknologi adalah masalah controlling.
Untuk bisa membuat solusi bagi masyarakat pastinya kita harus memahami mengenai
permasalahan yang terkait dengan hal tersebut. Nah, permasalahan yang banyak
dirasakan masyarakat dan menjadi permasalah utama dalam odong-odongadalah
masalah cotrolling operator odong-odong. Dengan kita mengetahui
permasalahan tersebut lantas seharusnya kita fokus pada bagaimana memecahkan
masalah controlling pada permainan odong-odong.

Memang sudah ada teknologi yang mendukung mengenai controlling
sistem odong-odong. Tapi masih tidak ekonomis dikarenakan mahal. Device yang
digunakan untuk kontrol masih mahal. Perlu adanya terobosan baru dalam industri
ini. Ke depannya kami berharap ada putra putri Indonesia yang dapat menemukan
terobosan dalam bidang industri wahana ini. Salah satunya adalah layanan jasa controlling
usaha odong-odong hingga dapat membuat database omzet industri ini menjadi
lebih baik dan dapat diperhitungkan secara GDP formal Indonesia.