Mencari dunia, dapat akherat




Mengutip sebuah syair dari band rock yang terkenal pada masanya, “kadang ku temui, obsesi batini, ambisi materi, naluri insane, yang terukir dalam cerita, melodi cinta…” Dewa 19.
Niat merupakan salah satu hal yang mendorong anda melakukan sesuatu. Misalnya Anda berniat untuk membeli gadget baru sehabis gajian, pastinya habis gajian nanti anda akan segera merealisasikan niat anda tersebut. Nah, pentingnya niat dalam menjalankan bisnis adalah untuk member dorongan internal dalam diri anda, semangat dalam menjalankan usaha Anda. Mengingat orang usaha tidak ada yang menyemangati secara langsung kecuali dirinya sendiri.

Kereta Panggung
Kereta Panggung

Lalu apa niat anda berusaha? Sebagaimana judul yang saya tulis di atas, mencari dunia, dapat akherat. Mungkin sebagian dari Anda mengusulkan judul yang terbali dengan yang saya tulis. Belajar dari para pemuka agama khususnya agama islam yang saya anut. Para ustad berkata, jika Anda mengejar dunia maka Anda akan mendapatkan dunia. Jika Anda mengejar akherat, maka Anda insyaallah akan mendapatkan dunia dan akherat.
Apa yang disampaikan oleh ustad tersebut sejalan dengan prinsip saya dalam menjalan usaha. Insyaallah niat berusaha dalam rangka ibadah untuk mengejar akherat yang mana hasilnya saya serahkan kepada yang di Atas. Mengenai judul mencari dunia, mendapatkan akherat yang dimaksud adalah menjadi saudagar sejati yang tidak terlepas dari pundi-pundi ibadah kepada sang Khalik.




Kereta panggung kereta gerobak
Kereta panggung kereta gerobak

Menjadi seorang pengusaha itu tidak memiliki atasan. Atasan Anda adalah Sang Maha Pencipta. Oleh sebab itu, ibarat kita bekerja misalnya, pintar-pintar kita mengambil hati atasan kita agar kita dinilai lebih baik, mendapatkan promosi jabatan, dan kenaikan gaji. Jika Anda ingin meningkatkan usaha Anda, lantas apa yang harus Anda lakukan adalah seperti ibarat karyawan tadi. Anda harus mengambil hati atasan Anda. Kalau dalam hal ini adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan. Semakin kita dekat dengan Tuhan, semakin Tuhan akan dekat dengan kita. Oleh sebab itu jika kita ingin memiliki usaha yang berkembang dengan pesat, salah satunya adalah dengan mendekatkan dirikepada yang di Atas.

kereta panggung dan kereta gerobak
kereta panggung dan kereta gerobak

Lantas sudah sejauh mana kita mendekatkan diri kepada Tuhan? Mari kita sejenak berkontempelasi, bermuhasabah, atau merenungkan mengenai apa-apa saja yang telah kita lakukan apakah itu kebaikan atau keburukan. Kita coba untuk memperbaiki diri hingga Tuhan semakin cinta dengan kita. Pada saat itulah doa-doa kita akan dapat dengan mudah dikabulkan dengan Sang Maha Pemberi tersebut.

 
Kereta Mini Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *