Odong-odong Kereta Gerobak di Jakarta tahun 2018

Di awal tahun 2018 ini pastinya kita berharap lebih baik dari tahun sebelumnya. Amiiin.

Menghadapi tahun 2018 ini, pastinya kita memiliki rencana-rencana bagaimana supaya bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Salah satunya adalah mengenai usaha/bisnis Anda. Dengan perencanaan yang matang, pastinya kita akan lebih dapat memastikan target pencapaian yang realistis yang mungkin bisa kita raih.

Berbicara mengenai bisnis di tahun 2018 ini, Anda bisa mencoba salah satu usaha odong-odong gerobak atau yang juga dikenal dengan odong-odong panggung atau kereta panggung. Dengan bentuknya yang unik pastinya bisa menarik hati para anak-anak untuk naik.

Odong-odong gerobak ini bisa dikatakan bisnis yang rendah hati. Dengan model yang sederhana, lucu dan imut, tapi pasti menghasilkan setoran yang lumayan setiap harinya. Coba saja Anda hitung secara sederhana, dengan tarif sewa odong-odong sebesar Rp5.000, – sekali naik, dengan kapasitas 6 tempat duduk anak, sekali rit berputar sudah mendapatkan omzet Rp30.000,-. Dengan demikian apabila berada dalam kondisi yang ramai pengunjung, dalam 10 kali rit Anda bisa mendapatkan omzet Rp300.000,-.

Biasa jam-jam ramai odong-odong beroperasi pada sore hari. Mulai dari pukul 16.00 sampai dengan maghrib, dan dilanjutkan lagi sampai dengan pukul 20.00. Dengan adanya aksesoris lampu LED yang terang, justru di malam hari hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi odong-odong gerobak. Jadi tidak mengenal kata siang atau malam, Anda pasti akan tetap bisa narik odong-odong tanpa khawatir kehilangan peluang untuk mendapatkan pemasukan!

Memilih odong-odong gerobak

Berikut ini merupakan cara sederhana dalam memilih odong-odong gerobak. Jangan hanya tergiur dari bodynya saja. Tetapi yang terpenting adalah kondisi mesin odong-odong tersebut. Apakah mesin baru atau bekas. Dan seberapa lama mesin tersebut bisa beroperasi. Apakah sesuai dengan beban yang ditanggung oleh odong-odong tersebut? Nah, pertanyaan-pertanyaan ini yang menjadi pertimbangan Anda dalam memilih odong-odong gerobak.

Anda harus bisa memastikan bahwa pengrajin odong-odong gerobak tersebut memberikan penjelasan yang detail mengenai spesifikasi barang. Dengan penjelasan yang detail tersebut tentunya bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih odong-odong. Ada harga, ada rupa. Sebagaimana pribahasa tersebut, bahwasanya jangan hanya tergiur dengan harga murah. Pakai prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan tertentu, mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagi Anda yang sedang mencari pengrajin odong-odong untuk melakukan pemesanan odong-odong, bisa menghubungi alamat berikut:

Alamat Workshop:
Kp. Pisangan RT 08 / RW 04 No.13
Desa Satria Mekar, Tambun Utara
Bekasi, Jawa Barat
Indonesia – 17510
Tlpn. +62-21 2925 9585
Fax. +62-21 2925 9584
Email: sales@keretamini.id

Sales Representative:
Hendra (0811-840-8787 | 0896-1249-6233)

 

Jual odong-odong kereta gerobak Jakarta di awal tahun 2018

Halo rekan-rekan sekalian, mengawali tahun 2018 ini, Kereta Mini Indonesia mencoba untuk memberikan penawaran terbaik bagi rekan-rekan yang ingin berusaha di bidang industri perodong-odongan.

Kereta gerobak atau yang juga dikenal dengan sebutan kereta panggung merupakan salah satu primadona kereta yang disukai oleh masyarakat. Karena modelnya yang bisa menarik banyak anak dan bisa portabel, atau dengan mudah dipindah-pindah, maka banyak orang yang berharap banyak terutama dari hasil omzet yang bisa diraihnya. Bagi yang belum tau berikut ini adalah dokumentasinya:

kereta panggung atau kereta gerobak
kereta panggung atau kereta gerobak

Nah, dari gambar di atas kita bisa lihat bahwa kereta panggung atau kereta gerobak bentuknya sebagaimana di atas. Dengan adanya beberapa unit mobilan atau motoran yang bisa dinaiki anak-anak mulai dari batita sampai dengan usia sekolah dasar, tentunya hal ini akan dapat lebih memaksimalkan potensi pendapatan yang dapat Anda raih. Banyaknya gerbong kereta gerobak juga bervariasi. Ada yang isi 6, 7 atau 8, bahkan ada pula yang sampai dengan belasan tempat duduk. Tentunya semakin banyak tempat duduk yang dibuat, semakin besar pula kereta panggungnya.

Kelebihan dari kereta panggung dengan banyak penumpang adalah dapat memaksimalkan pendapatan Anda. Jika hanya isi 6 misalnya, tentunya maksimal omzet yang bisa Anda dapatkan adalah ambil saja jika harga sewa sekali tarik (kurang lebih selama 2 lagu) adalah Rp5.000,-, maka jika kapasitas penumpangnya adalah 6 anak, dalam satu rit Anda bisa mendapatkan kurang lebih sebesar Rp30.000,-. Bayangkan saja jika memang kapasitasnya lebih dari 6, tentunya kalau terisi penuh Anda akan dapat pendapatan yang lebih besar lagi.

kereta panggung mobil aki
kereta panggung mobil aki

Tapi kekurangan dari kereta gerobak dengan gerbong yang banyak adalah masalah portabilitas. Yaitu masalah mengenai kemudahan untuk berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya. Adapun bagi Anda yang ingin mempertimbangkan berapakah maksimal tempat duduk yang bisa dibuat untuk kereta gerobak dengan dia juga bisa dengan mudah dipindah-pindah. Kalau pertanyaan itu kurang lebih jawabannya adalah sebanyak 7 seats.

Nah bagi Anda yang memang sedang mencari peluang usaha baru di tahun 2018 ini, tidak ada salahnya mencoba peruntungan di wahana permainan anak odong-odong. Dengan pengoperasionalan yang mudah, yaitu cukup dengan menekan tombol on/off saja, maka Anda dapat secara langsung pendapatan yang mengalir selama odong-odong tersebut berputar. Maka dari itu tugas kita saat ini adalah bagaimana caranya membuat odong-odong tersebut terus berputar. Banyak hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan strategi pemasaran yang ampuh.

Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan odong-odong khususnya kereta panggung ini, bisa langsung menghubungi kami, Kereta Mini Indonesia, salah satu produsen kereta mini yangberlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Info lebih lanjut silakan langsung kunjungi workshop kami yang berlokasi di alamat:

Kereta Mini Indonesia
Kp. Pisangan RT08/RW04, No. 13
Desa Satria Mekar
Tambun Utara
Bekasi – Jawa Barat
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584
Contact Person:
Hendra (08118408787)

 

Peluang usaha di jaman now!

Halo rekan-rekan sekalian. Bagi teman-teman yang masih juga sulit nih keadaan ekonominya, lagi cari-cari inspirasi mengenai peluang-peluang bisnis yang bisa digarap. Nah, ini kita coba untuk mengulas mengenai peluang usaha di jaman now yang mungkin bisa memberikan secercah harapan buat Anda.

Banyak banget yang berpikir usaha biasa saja, sebut saja misalnya warung, jualan baju, jualan makanan, dan lain sebagainya. Terpikir ga sih, sebenarnya odong-odong itu merupakan salah satu usaha yang patut diperhitungkan. Udah operasionalnya ga ribet, omzet yang bisa dihasilkan juga lumayan besar. Bisa nutup penghasilan untuk uang dapur sehari-hari. Bahkan bisa buat naik haji. Hehehe…

Emang bener lho, ga boong deh. Coba aja cek, odong-odong udah bukan odong-odong yang dulu. Tapi jadi wahana permainan anak-anak yang lebih modern. Odong-odong yang dulunya hanya ada di mall, tapi sekarang udah bisa kita jumpai di rumah-rumah. Dengan model odong-odong yang elegan, yang udah sekelas mall. Bayangkan saja, orang yang punya wahana permainan di mall-mall itu dapat omzet berapa. Perharinya bisa menghasilkan jutaan rupiah lho!

mainan koin kiddie ride
mainan koin kiddie ride

Rata-rata pengusaha di bidang mainan tersebut juga tidak hanya memiliki satu tempat. Lebih dari 3 bahkan. Nah, kebayang kan, berapa banyak tuh duitnya? Sekarang ga usah terlalu melihat ke atas, yuk coba kita bahas mengenai odong-odong saja udah ga ketulungan. Mau tau itungannya? Nih coba aja ente bayangin, kalau setoran odong-odong satu unitnya 100rb saja, dengan modal misalkan kita sebut 15jt, kalau kita punya 1 odong-odong, berarti sebulan saja kita bisa dapat income passif 3jt. Dalam 5 bulan kita udah bisa balik modal, dan invest satu odong-odong lagi.

Nah kan, jadi buat yang baru tau bahwa peluang usaha odong-odong sampai sebegitunya… sekarang tinggal actionnya saja. Yuk kapan kita beli odong-odong! Datangin saja produsen odong-odongnya. Buat yang bingung cari, nih, Kereta Mini Indonesia bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda. Kereta Mini Indonesia terjamin berusaha untuk memberikan hasil produksi yang sebaik-baiknya buat konsumen seperti Anda. Jangan sampai belum balik modal, barangnya udah rusak duluan. Dengan mengusung nama, kami akan berusaha untuk mempertahankan nama baik kami Kereta Mini Indonesia. Tidak mungkin kami ingin membuat sesuatu yang jelek yang mana akan menjadi masalah bagi kami sendiri.

 

 

Odong-odong gokil yang siap cari duit!

Halo rekan-rekan sekalian, semoga di tahun baru 2018 ini Anda tetap semangat dan bahkan lebih semangat lagi untuk cari uangnya. Khususnya bagi Anda yang sedang mau merit alias menikah, mencari sampingan untuk tambahan biaya nikah merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan disamping pendapatan dari kerjaan utama.

Nah, mengenai usaha di bidang odong-odong ini, bisa jadi merupakan salah satu lubang pendapatan baru bagi Anda. Untuk tambahan uang dapur istri, biaya sekolah anak Anda, atau tambahan biaya pernikahan dan DP rumah melalui KPR. Jangan salah lho, penghasilan dari odong-odong itu tidak bisa dibilang remeh. Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk narik odong-odong, Anda cukup dengan menyewakan odong-odong tersebut kepada sanak saudara atau orang dan tetangga dekat yang benar-benar Anda kenal untuk narik odong-odong tersebut dengan system setoran berkisar plus minus 100rb per harinya. Kalau dalam waktu satu bulan, coba Anda hitung saja, berapa penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari hasil sewa odong-odong tersebut?

Bisnis yang cocok untuk ibu-ibu

Jangan salah lho, biasanya orang yang bisnis odong-odong ini terkesan usaha laki-laki, padahal sejatinya tidak hanya laki-laki lho. Banyak juga ibu-ibu yang bisa berbisnis odong-odong. Dalam beberapa waktu, kami pernah mensurvei usaha odong-odong atau wahana anak yang dijalani oleh ibu-ibu. Bahkan skalanya cukup fantastis lho!

Buat anda yang merupakan ibu rumah tangga, memiliki lahan yang relative luas bisa sebagai tempat naruh odong-odong di rumah bisa menjadi salah satu alternative untuk usaha disamping usaha warung. Dengan adanya wahana anak-anak yang anda taruh di rumah tersebut, tentunya akan menarik  minat anak-anak untuk dating, sekaligus jajan. Jadi bisa menguras banyak uang ibunya anak-anak secara tidak langsung untuk menambah pundi-pundi keuangan Anda. Hehehe… 😀

Jadi ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan odong-odong. Mengingat varian odong-odong juga sangat beragam. Masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Nah, bagi anda yang tertarik bisnis odong-odong tidak usah pusing untuk mencari dimana pengrajin odong-odong. Anda bisa menhubungi pengrajin odong-odong berikut ini:

Alamat Workshop:
Kp. Pisangan RT 08 / RW 04 No.13
Desa Satria Mekar, Tambun Utara
Bekasi, Jawa Barat
Indonesia – 17510
Tlpn. +62-21 2925 9585
Fax. +62-21 2925 9584
Email: sales@keretamini.id

Sales Representative:
Hendra (0811-840-8787

 

Revolusi odong-odong jaman now!

Mau punya usaha yang gemerlap di tahun 2018? Coba usaha yang satu ini. Odong-odong! Haha.. mungkin memang terdengar agak gimana gitu ya. Tapi ternyata omzet dari odong-odong memang gokil! Anak-anak zaman now ternyata juga sangat suka dengan odong-odong. Oleh sebab itu para orang tua zaman now jangan sampai ketinggalan dengan momentum ini.

Sebenarnya anak-anak jaman old maupun zaman now sama saja dalam hal wahana permainan. Beda now dengan old adalah di otomatisasi sistemnya saja. Kalau kita flashback lagi ke jaman tong setan dan kemidi putar besar yang didorong misalnya, mungkin kita akan ketawa sendiri. Beda dengan anak jaman now yang taunya otomatis, bahkan bisa dipencet/dinyuyuk lewat hp.

Dalam segi permainannya sama saja. Masih wahana mainan juga. Ya odong-odong juga. Komoditasnya tidak berubah. Hanya modelnya saja. Kita bisa memanfaatkan momentum  ini juga sebagai salah satu pelopor perubahan di bidang odong-odong bagi anak jaman now.

Bukan Cuma kids jaman now, odong-odong juga punya odong-odong jaman now lho! Dengan system otomatisasi semua. Bahkan bisa sampai terkomputerisasi dan androitisasi. Peluang banget buat rekan-rekan yang mencari peluang usaha yang manis banget di tahun depan, tahun 2018. Dengan modal sekali saja, mendapatkan income berkali-kali. Gausah pakai cicilan lebih dari 5jt perbulan yang buat pusing kepala, ga juga sampai kebut-kebutan di jalan untuk kejar setoran, cukup dengan santai saja, uang mengalir terus. Modalnya juga ga besar-besar. Bisa menghibur rakyat lagi..

Daripada mikirin cicilan mobil yang buat pusing kepala. Kenyataan di lapangan lebih pahit daripada rencana perhitungan pendapatannya. Masih juga nombok untuk nyicil bulanannya. Atau pilihannya adalah menjadi full time driver. Mendingan odong-odong jaman now saja. Odong-odong jaman now juga sudah berubah, menjadi lebih elegan dengan desain baru all new odong-odong! Mengikuti perkembangan jaman. Odong-odong yang mungkin punya makna peyorasi sudah tidak berlaku lagi. Sudah tidak harus gengsi lagi kalau kita punya usaha odong-odong!

 

Odong-Odong Motor Bentuk Kepala Thomas

Halo para juragan odong-odong yang ada di seluruh Indonesia. Kali ini kami ingin membahas mengenai odong-odong motor dengan bentuk kepala Thomas. Barangkali ada yang belum pernah tau atau baru ingin mencari tau peluang usaha yang potensial di tahun 2017 ini.

Kereta motor atau yang biasa juga disebut dengan odong-odong motor memiliki berbagai macam bentuk. Diantara bentuk yang paling legendaris adalah bentuk kepala Thomas. Thomas menjadi salah satu icon yang paling banyak dijadikan tokoh asli dalam dunia perodong-odongan nasional. Mungkin karena bantuknya yang sangat unik dan lucu yang membuat anak-anak merasa sangat tertarik dengannya.

Jika kita berbicara mengenai kereta odong-odong tentunya tidak terlepas dari sosok Thomas yang satu ini. Thomas merupakan salah satu icon odong-odong yang sangat legendaris. Karena dibuat untuk berbagai macam wahana seperti kereta motor, kereta rel, kiddie ride atau mainan koin, dan berbagai varian wahana lain yang bentuknya sangat beragam namun dengan satu konsep: Thomas.

Odong-odong motor Thomas yang satu ini juga unggul dalam hal banyaknya orang yang bisa dinaiki di odong-odong ini. Kurang lebih kereta motor yang satu ini bisa mengangkut langsung 21 anak-anak sekaligus dalam setiap kali jalan. Tentunya hal tersebut bisa memaksimalkan pendapatan bagi sang penarik odong-odong bukan?

Tidak berhenti disitu, dengan modelnya yang sangat kekanak-kanakan, juga bisa menarik anak-anak yang melihat sepanjang perjalanannya. Kereta Thomas ini di desain dengan lukisan airbrush freehand yang bisa dipesan sesuai dengan permintaan konsumen. Sangat bernilai seni lho! Kami menjamin produksi odong-odong hasil keluaran kami di desain dengan tenaga-tenaga kerja professional di bidangnya, salah satunya adalah mengenai airbrush. Itu menjadi salah satu kelebihan kami dibandingkan dengan odong-odong lainnya. Kami juga berupaya untuk membuat desain sebaik mungkin atau bahkan mengikuti aslinya.

kereta mini rel bawah pasar malam
kereta mini rel bawah pasar malam

Berinvestasi odong-odong motor dengan anggaran minimalis
Bagi Anda yang memiliki budget tidak banyak untuk membeli odong-odong motor, Anda bisa melakukan siasat seperti ini: membeli untuk 1 buah loko dan 1 buah gerbong terlebih dahulu. Hal ini merupakan inspirasi dari salah satu pemuda yang pernah membeli kepada kami dengan memesan 1 buah loko dan 1 buah gerbong dikarenakan anggarannya yang sangat terbatas. Namun apa yang terjadi berikutnya adalah dia membeli kembali 1 buah gerbong dalam waktu sekitar 3-4 bulan berikutnya.

Tidak berhenti disana, dalam waktu 6 bulan berikutnya, dia menambah satu unit odong-odong motor lengkap. Jadi pada saat itu dia sudah memiliki odong-odong motor sebanyak 2 unit dari modal 1 loko dan 1 gerbong. Cerita pun tidak berhenti disini, setengah tahun selanjutnya lagi, diapun membeli lagi 1 set odong-odong motor full.

Pengangkutan odong-odong ke luar pulau Jawa
Pengangkutan odong-odong ke luar pulau Jawa

Nah dari kisah tersebut di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya apapun itu kita mulai dari bawah. Dari nol istilahnya. Dari situ apabila kita melakukan pekerjaannya dengan istiqomah atau ulet dan konsisten, maka kita akan mendapatkan hasil yang sebagaimana ingin kita raih. Impian itu dapat tercipta dari kerja keras sungguh-sungguh, ulet dan konsisten. Mari kita realisasikan mimpi kita dengan aksi yang konsisten!

 

Cara Identifikasi dan Membetulkan Dinamo Odong-odong yang Rusak

Halo rekan-rekan sekalian. Mengingat cukup banyak sekali teman-teman yang kontak kami dan menanyakan solusi mengenai kerusakan dinamo pada odong-odong khususnya di kereta panggung dan beberapa wahana lainnya seperti kemidi putar, mungkin ulasan artikel yang satu ini bisa lebih membantu Anda untuk belajar secara otodidak membetulkan dinamo odong-odong yang rusak.

Sebelum mengetahui bagaimana cara membetulkan dinamo odong-odong, terlebih dahulu kita harus mengetahui mengenai spesifikasi dari dinamo odong-odong yang kita miliki tersebut. Dinamo odong-odong itu berbeda-beda, tergantung dari berapa banyak muatan penunggang odong-odong. Semakin banyak dan berat penumpang odong-odong, maka dibutuhkan dinamo odong-odong yang juga semakin besar secara tenaga. Lalu bagaimanakah mengidentifikasi dinamo odong-odong yang sesuai dengan odong-odong kita?

Cara identifikasi kebutuhan spesifikasi dinamo odong-odong untuk kereta panggung isi 6 – 8 anak

Odong-odong tak ubahnya seperti motor/mobil. Dia bergerak, dan membutuhkan perawatan. Khususnya di bagian mesin dinamonya. Dengan terus menerus digunakannya mesin dinamo, maka perlu perawatan yang cukup telaten. Pada saat masa umur manfaatnya sudah habis tentunya kita harus menggantinya dengan yang baru.

Lantas bagaimana cara memilih dinamo odong-odong? Anda perlu mengetahui betul berapa besar beban yang ditarik oleh odong-odong Anda. Misalnya pada model kereta panggung atau kereta gerobak rata-rata penumpangnya adalah 6 anak-anak dengan berat rata-rata 20kg. Jika asumsi berat gerbong rata-rata 10kg, berarti beban rata-rata per gerbongnya adalah sebesar 30kg. Jika ada 6 dudukan maka dibutuhkan mesin dinamo yang kuat menarik seberat 6 x 30kg = 180kg. Untuk beban tersebut cukup dengan menggunakan mesin dinamo yang berkapasitas 250watt, dengan tegangan baik 12v – 24v. Perhitungan sederhana mengenai kapasitas dinamo odong-odong ini sangat diperlukan agar Anda tidak salah pilih ketika membeli dinamo.

dinamo dc 12v

Jika dalam perjalannya dinamo tersebut memerlukan perawatan, maka Anda perlu memperbaikinya ke tukang dinamo. Tapi jangan salah dulu. Dinamo DC berbeda dengan dinamo AC untuk pompa, alat-alat yang dicolok ke listrik. “Tukang” dinamo dc cenderung jarang kita jumpai dibandingkan dengan dinamo AC. Terkadang saking sulitnya mencari sparepart seperti kolektor dalam yang pecah, gulung ulang dinamo dc, dsb, alternatifnya adalah dengan membeli unit dinamo baru yang sesuai dengan spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan Anda sebagaimana telah diulas di atas.

 

 

 

Investasi pilihan 2017: Mainan Koin untuk minimarket / toko

Halo Sobat Kereta Mini Indonesia, bagaimana dengan kabar Anda hari ini? Semoga tetap sehat dan bugar, serta lancar rejekinya. Kali ini kami ingin mengulas mengenai potensi bisnis mainan koin atau yang disebut dengan Bahasa kerennya adalah kiddie ride.

Bagi Anda yang memiliki toko atau bahkan franchise seperti alfamart atau indomaret, jika memang ingin memanfaatkan lahan yang ada dengan melakukan intensifikasi lahan, ada nih salah satu investasi yang bisa Anda lirik, yaitu mainan koin!

Barangkali ada yang masih belum familiar dengan mania koin ya… Jadi mainan koin itu lho, lebih mudahnya kalau kami gambarkan dengan mainan yang biasa Anda temukan kalau di timezone atau tempat mainan anak-anak yang ada di mall. Berikut ini coba kasih sedikit penampakan mainan koinnya supaya tidak bingung. Hehehe…

 Mainan koin kiddie ride murah di Bekasi

Mainan koin kiddie ride

Memang diakui mainan koin ini sempat meredup, bahkan bisa dibilang sampai dengan tahun ini, 2017. Tapi sebagaimana siklus bisnis yng memang biasa terjadi, bisnis ini akan kembali bergairah sebagaimana minat anak-anak generasi berikutnya. Tren memang selalu berubah-ubah, tapi tren itu punya pola yang biasanya berulang dari masa ke masa.

Namun, jika Anda ingin bermaksud untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar toko Anda, tidak ada salahnya berinvestasi pada mainan koin ini. Toh, mainan koin ini tinggal dimasukkan koin, lalu ia bergerak sendiri. Tidak harus capek-capek “dijagain”. Artinya sembari menyelam, minum air.. Sembari membuka toko, Anda juga bisa mendapatkan sampingan dari mainan koin ini.

Anda tidak perlu merasa sulit untuk mencari dimana produsen mainan koin ini berada. Sebagai informasi, Kereta Mini Indonesia juga memproduksi lho mainan ini. Jadi saat ini juga Anda bisa langsung memesan dengan kontak via telepon atau whatsapp dan media sosial lainnya. Bagi Anda yang ingin melihat langsung ke workshop kami juga silakan saja. Anda bisa mengunjungi workshop kami pada alamat berikut:
Kereta Mini Indonesia
Kp. Pisangan RT08/04 No.13
Desa Satria Mekar, Tambun Utara
Bekasi, 17510
Tlpn. 021-29259585
Fax. 021-29259584

CP: Hendra (08118408787)

 

Bisnis Kereta Mini Motor di Bekasi

Bisnis kereta mini motor masih menjadi salah satu usaha yang digemari oleh berbagai kalangan. Khususnya untuk wilayah yang memiliki luas lahan yang lumayan lebar. Cocok untuk jalan kereta mini motor dengan menggunakan gerbong yang panjang.

Seperti di wilayah Bekasi misalnya. Wilayah Bekasi memiliki luas area perumahan yang cukup luas dan banyak. Dengan jumlah penduduk yang semakin hari semakin menjadi tujuan urbanisasi, Bekasi memiliki jumlah usia muda khususnya anak-anak yang cukup banyak. Banyangkan saja, setiap satu rumah memiliki rata-rata dua orang anak.

"kereta

 

Sharing usaha: Pentingnya satu visi dan satu prinsip dalam perserikatan usaha

 “Orang pintar adalah orang yang belajar dari pengalamannya, sedangkan orang bijak adalah orang yang belajar dari pengalaman orang lain”

Hi guys, berjumpa lagi dengan kami yang tidak bosan-bosan untuk berbagi mengenai pengalaman atau apapun yang kami pernah alami baik secara langsung, atau merupakan cerita dari rekan-rekan yang bisa dibagikan kepada Anda semua untuk pelajaran yang berharga. Kali ini sobat KMI ingin berbagi cerita kepada kita semua mengenai jatuh bangunnya usaha, khususnya bagaimana pengalaman KMI dalam mengelola internal usaha.

Para pebisnis pemula khususnya biasanya mengalami kesulitan terbesar dalam hal pembiayaan dan pemasaran. Seiring dengan berjalannnya usaha, kita akan sangat merasakan bahwasanya kita adalah makhluk sosial. Kita tidak bisa menjadi seorang superman di dalam sebuah usaha, walaupun itu adalah konteksnya usaha kita sendiri (perseorangan). Kita banyak membutuhkan perpanjangan tangan. Contoh terkecil yang bisa kita cerna dengan baik adalah permasalahan mengenai belanja barang saja. Pastinya kita tidak bisa sendiri. Pada saat kita harus belanja barang yang mana memang harus kita yang datang ke toko/rekanan kita, maka secara otomatis kita membutuhkan orang untuk menggantikan posisi kita di tempat usaha kita yang harus senantiasa kita jaga dari waktu ke waktu.

Dalam hal manufaktur sebagaimana pengalaman kami (KMI) dalam mengelola sebuah industry manufaktur wahana mainan anak, sangatlah tidak mudah. Mungkin judulnya terkesan lucu, “produsen odong-odong”, tetapi nyatanya dalam praktik riil di lapangan kami merupakan salah satu industry yang bisa dikategorikan industry yang tidak ringan. Dengan produksi wahana permainan anak yang besar-besar bisa dikatakan bahwa kami memasuki industry berat.

Membuat odong-odong atau wahana permainan anak itu tidak mudah. Di hulu ini kami harus mengalokasikan berbagai macam sumber daya yang cukup kompleks mulai dari pemasok material, tenaga ahli produksi yang terdiri dari beberapa skill keahlian seperti fiberglass, air brush, welding, mekanikal & elektrikal, serta mesin, bank, lembaga perpajakan, ekspedisi, shareholders dan sebagainya. Kami harus memiliki mental yang kuat dan sangat sabar. Membangun industry manufaktur tidak sama seperti halnya perdagangan biasa. Disini dibutuhkan skill dan mental yang cukup mumpuni untuk akhirnya bisa survive di dalam industry.

Tingkat kesabaran yang dibangun tidak bisa hanya sebatas pada hitungan bulan ataupun di masa kurang dari 10 tahun. Ujian dan rintangan dalam usaha apapun sangat besar ombaknya pada saat-saat awal usaha khususnya dalam tahun do, re, mi atau tahun pertama, kedua, dan ketiga. Sudah barang tentu mindset yang dibutuhkan bukanlah kembali modal atau mengalami fase payback period dalam selang waktu kurang dari masa doremi tersebut.

Pelaku usaha manufaktur harus memiliki pandangan yang jauh ke depan mengenai perkembangan industrinya. Bukan hanya pandangan sempit dalam jangka waktu yang sangat cepat. Selain dari pandangan yang ada dalam internal manajemen tersebut, pihak manajemen juga harus memberikan sharing value atau berbagi mengenai nilai-nilai perusahaan kepada para anggotanya. Tidak terkecuali dari atas sampai dengan operator bawah.

 

Sulit untuk membagi visi

Ternyata pandangan dalam isi kepala manusia ini sangatlah berbeda-beda. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh sejauh mana tingkat pendidikan orang-orang yang ada di sekitar tempat usaha kita dan bagaimana pola pikir mereka dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada.

Dalam sebuah organisasi apapun baik ormas ataupun bisnis sangat diperlukan kesatuan visi. Terkadang bagi kebanyakan orang khususnya orang-orang yang berada di tingkat strata bawah usaha, sangat sulit untuk memahami apa itu visi. Buat mereka visi merupakan suatu hal yang sangat abstrak yang sulit untuk diterapkan. Dari visi tersebutlah yang nantinya akan timbul nilai-nilai yang membentuk norma dalam sebuah organisasi.

Memang kita merasakan walaupun norma tersebut tidaklah ada secara tertulis. Dalam usaha kecil di tingkat UKM ini, terkadang norma sederhana mengenai sopan santun yang merupakan norma dasar yang ada di masyarakat saja masih sangat sulit untuk diterapkan.

Pada akhirnya sebuah visi bagi UKM hanya akan mentok di tingkat pemilik usaha saja. Parahnya lagi banyaknya kasus perceraikan perserikatan bisnis salah satunya adalah karena tidak satu visi dan satu prinsip. Hal tersebut yang pada akhirnya meluluh lantakkan bisnis itu sendiri hingga tercerai berai berkeping-keping bagai pesawat yang jatuh keras dari langit yang cukup tinggi.

Pentingnya bagi para pelaku UKM untuk memiliki kesamaan visi bagi para pendiri dan pemilik perusahaan jika memang didirikan secara bersama-sama. Perlu diyakini bahwa sebagai makluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri. Dalam konteks bisnis, kita tidak bisa menjalankan usaha kita secara sendirian. Ingatlah dengan filosofi sapu lidi, bahwa dengan bersatu tentunya kita akan menjadi lebih kuat. Namun jika bercerai-berai, maka kita cenderung menjadi lemah.

 

Tidak ada dua matahari dalam satu bumi

Frase di atas merupakan suatu ungkapan yang cukup mendalam mengenai arti kepemimpinan. Dalam suatu organisasi bisnis jangan sampai terpecah belah karena adanya dominasi kepemimpinan yang melahirkan kubu. Tidak boleh ada dua pemimpin dalam satu organisasi. Hal ini bisa di analogikan bagaimana lokomotif kereta api itu hanya ada satu. Ya, pastinya sangat repot jika dalam satu kereta api terdapat lebih dari satu lokomotif.

Kita harus belajar banyak mengenai nilai-nilai legowo. Terutama memahami arti pemimpin dan yang dipimpin. Jangan sampai setiap orang ingin berlaku sebagai pemimpin. Hormatilah pemimpin dan dukung pemimpin kita untuk menjadi lebih baik. Jika memang kita sudah menetapkan dalam kesepakatan bersama mengenai pemimpin yang ada diantara kita, maka sebagai pembawa panji terdepan dalam menentukan ke mana arah perjuangan bisnis kita, team yang di bawah pastinya harus memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mencapai kesuksesan bersama.

 

Menghormati norma yang berlaku baik secara tertulis maupun tidak tertulis

Prinsip sebuah usaha itu cukup sederhana. Perusahaan membutuhkan orang yang bisa kerja dan mau di atur. Itu saja. Dalam berbagai sharing lain dengan para pelaku usaha ada yang mengatakan bahwa usaha itu dikelola dengan dua cara saja, yaitu membina atau membinasakan.

Pada dasarnya kata membinasakan merupakan sebuah kata yang memiliki makna cukup keras. Tidak jarang kita jumpai banyak orang pintar di luar sana tapi sulit di atur. Yang akhirnya secara tidak sadar ia telah merusak tatanan system, menubruk norma-norma yang ada yang pada akhirnya dapat menimbulkan chaos di dalam organisasi/perusahaan.

Dalam pepatah melayu mengatakan, “dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”, artinya bahwa siapapun itu yang berada di tanah yang ia injak, memiliki norma atau aturan yang harus diikuti. Tidak bisa tidak. Bagi seorang karyawan yang ada di perusahaan dimana ia bekerja, sudah barang tentu ia harus menghormati norma atau aturan-aturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Bukan dengan aturan apa yang ia mau sendiri. Tidak karena mentang-mentang ia pintar, lulus dari perguruan tinggi negeri favorit, lulus dengan nilai baik, pada akhirnya tidak bisa mematuhi norma yang ada dan malah menjadi orang yang keras kepala.

Pendidikan sejatinya membuat seseorang itu menjadi lebih bermanfaat dan bermartabat. Itulah yang dikatakan oleh bapak pendiri bangsa kita, Ir. Soekarno. Namun, dewasa ini kita dapat rasakan justru semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin buruk perangainya terutama terkait dengan kepatuhannya terhadap norma. Harapannya adalah bagi kita yang mengenyam pendidikan yang cukup tinggi sejatinya harus diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari, ditunjukkan dalam sikap kita yang semakin baik dan bijaksana.